Home » » Tips Mengatasi Mata Lelah Depan Komputer

Tips Mengatasi Mata Lelah Depan Komputer

Hidup orang jaman sekarang lebih banyak depan komputer.

Sekarang ini udah bukan hal yang aneh lagi melihat orang berlama-lama di depan komputer karena gak bisa disangkal kalo pada kenyataannya sebagian besar kehidupan manusia dalam satu hari lebih banyak berhadapan dengan komputer. Bayangin aja orang yang kerja kantoran dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore itu udah pasti duduk depan komputer untuk ngerjain kerjaan mereka. Selain pekerja kantoran, ada juga gamers yang bisa dikatakan mereka itu hampir 24 jam ada di depan komputer (dulu gw termasuk salahsatunya (*o*)). Dan guess what, keluhan utama yang dirasain udah pasti dan bukan lain adalah mata yang kerasa cape. Nah, ada trik2 sederhana untuk mengatasi mata yang cape gara2 kelamaan depan komputer. Nih dia nih triknya :


 
Mata juga perlu untuk diistirahatkan setelah berlama-lama depan komputer

Nomor satu, usahakan jarak antara mata dengan layar komputer gak terlalu dekat. Gw yakin walaupun kalian duduk depan komputer sambil nyandar pun bakal masih keliatan apa yang ada di layar komputer kalian. Jarak minimalnya menurut sepengetahuan gw itu 30cm sampe 60 cm depan layar.

Nomor dua, atur brightness sama contrast layar komputer kalian. Jangan ampe keterangan karena hal ini cuma bakal bikin mata kalian cepet cape.

Nomor tiga, ini gw saranin buat yang make layar komputer CRT. Beli filter radiasi CRT. Ini penting karena tingkat radiasi dari layar komputer CRT itu sangat tinggi. Selain mata cape yang kalian rasa, nantinya mata kalian bisa ngalamin gangguan kesehatan mata kayak mata minus, de el el.

Nomor empat, jangan pake monitor atau layar CRT lagi. Gw saranin pake layar atau monitor yang LCD. Kenapa gw saranin begini?? Karena pake monitor LCD itu jauh lebih aman dan lebih sangat sedikit tingkat radiasinya.

Nomor lima, istirahatin mata kalian cuy!!! Gak perlu sampe harus tidur kalo emang lagi ada kerjaan yang mendesak. Kalian bisa istirahatin mata dengan cara bediri ngambil minum, nutup mata barang semenit dua menit. Lagian, kalo istirahatin mata dengan cara berdiri trus ambil minum di dapur atau di pantri kantor juga bagus buat badan. Kan enak tuh ngelurusin badan bentar setelah duduk dalam waktu yang agak lama. Istirahatin mata juga bisa dengan cara alihin pandangan kalian dari komputer terus ngeliat keluar jendela, cari benda yang paling terjauh liatin benda itu semenit dua menit baru balik liat lagi ke komputer. Ini berguna buat menyeimbangkan jarak pandang mata. Ini juga bisa mencegah mata kalian jadi minus.

Nomor enam, yang ini gw saranin kalo kalian lagi ada duit lebih yak cuy… Beli kacamata anti radiasi yang khusus digunakan depan komputer. Terakhir kali gw tanya di optik sekitar 3 bulan yang lalu, harga kacamata kayak gini sekitar 300ribuan. Jadi kalo emang ada duit yang lebih trus hidup kalian sebagian besar depan komputer, gak ada salahnya beli kacamata kayak gini. (6_6)
Nah, itu tips dari gw. Moga2 bermanfaat buat temen2 pengguna komputer. :D
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Jangan lupa komennya ya demi membangun blog ini agar menjadi lebih baik dari sekarang saran anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini :)

 
Copyright © 2011. Indonesian Toshokan - All Rights Reserved