Home » » Membangun Pertahanan SEO Sebuah Blog

Membangun Pertahanan SEO Sebuah Blog

Istilah “pertahanan” dalam dunia SEO mungkin kurang familiar di telinga kita, tetapi apa boleh buat, kata tersebut terpaksa dipakai untuk merefleksikan bagaimana sebuah blog bisa bertahan dari gempuran para kompetitor. Entah itu dalam kompetisi keyword abadi maupun keyword harian, kompetitor tidak akan pernah sepi. Ada yang menggunakan cara natural, ada pula yang menggunakan cara instant melalui copas manual, auto feed dan semacamnya. Ketika kita di hadapkan dengan situasi seperti itu, tentu bagi sebagian orang akan merasa sangat kesulitan bersaing. Bahkan, tidak jarang SERP bagus yang telah didapat dalam sekejap hilang dari 100 besar. Oleh karena itu, ada baiknya kita membangun pertahanan SEO yang solid bagi blog yang di urus.
Sekarang yang menjadi pertanyaan, bagaimana membangun pertahanan SEO sebuah blog? Ada banyak sekali cara untuk memiliki pertahanan SEO yang kuat, akan tetapi, yang pengen gw tulis dibawah ini cuma yang paling penting menurut versi gw heueuheu… Oke, silhkan disimak.
  1. Bangun backlink sebanyak mungkin untuk homepage. Sangat disarankan backlink berasal dari pingback yang dilakukan berulang-ulang dari blog lain dan bukan backlink hasil dari blog commenting atau semacamnya. Tetapi jika tidak memungkinkan, ya apa boleh buat. :mrgreen:
  2. Bangun backlink untuk internal page dengan cara diatas. Bagi para pengguna wordpress, kategori sangat penting untuk diberi backlink dalam membangun pertahanan SEO. Selanjutnya bisa diteruskan pada single post atau tag.
  3. Jika 2 cara diatas masih belum tokcer,sering-seringlah mengedit konten supaya tidak ada duplicate content dari blog lain.
  4. That’s all :mrgreen:
Percaya atau enggak, basic membangun pertahanan SEO sebuah blog emang cuma itu aja. Kalau mau ditambahin, ya monggo saja, silahkan. :D
Share this article :

2 komentar:

  1. apakah backlink masih penting ??

    BalasHapus
  2. untuk jaman sekarang saya rasa itu sudah tidak penting lagi gan.

    BalasHapus

Jangan lupa komennya ya demi membangun blog ini agar menjadi lebih baik dari sekarang saran anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini :)

 
Copyright © 2011. Indonesian Toshokan - All Rights Reserved