Home » » Rekomendasi Pencegahan dan Pengobatan Diabetes pada Penderita Obesitas

Rekomendasi Pencegahan dan Pengobatan Diabetes pada Penderita Obesitas

Diabetes1. Semua orang dengan berat badan lebih (BMI 25-29,9) atau obesitas (BMI > 30) harus menurunkan berat badan sampai berat badan normal atau ideal untuk mencegah kemungkinan timbulnya diabetes tipe 2 di kemudian hari.
2. Yang paling penting untuk menurunkan berat badan adalah mengubah gaya hidup, membuang kebiasaan buruk yang bisa menaikkan berat badan, berdiet, dan berolahraga secara teratur.
3. Mengurangi kalori yang masuk sebesar 500-1000 kalori per hari bisa menurunkan berat badan secara perlahan-lahan sampai 1-2 kg per minggu. Rata-rata diet yang bisa menurunkan berat badan adalah 1000-1200 kalori per hari untuk wanita dan 1200-1600 kalori per hari untuk pria.
4. Pasien diabetes yang kegemukan atau mengalami obesitas harus segera berdiet untuk menghindari kemungkinan penyakit jantung koroner kelak, yakni dengan mengurangi kalori yang masuk hingga 500-1000 kalori per hari sehingga bisa menurunkan risiko terkena sakit jantung dan pembuluh darah.
5. Olahraga ringan sampai sedang secara teratur adalah suatu keharusan. Selain dapat menurunkan berat badan, juga dapat memperbaiki kadar lemak dan glukosa darah, serta mengurangi risiko hipertensi, penyakit jantung koroner, serta stroke.
6. Mulailah dengan olahraga aerobik dalam 20-45 menit per hari, 3-5 hari per minggu; kemudian tingkatkan dengan berjalan kaki sampai lebih dari 1 jam per hari atau jogging 30 menit per hari. Bila dilakukan secara rutin dan teratur, akan bisa menurunkan berat badan pada penderita diabates.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Jangan lupa komennya ya demi membangun blog ini agar menjadi lebih baik dari sekarang saran anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini :)

 
Copyright © 2011. Indonesian Toshokan - All Rights Reserved