Home » » Kencing manis, Penyakit keturunan atau tidak

Kencing manis, Penyakit keturunan atau tidak

Sebagian besar orang pasti pernah mendengan penyakit yang namanya kencing manis. Tapi apa kita tau kencing manis itu penyakit turunan atau tidak. Dan disini kami akan menjelaskan sedikit tentang penyakit kencing manis.

Seorang pembaca setia kami mengirimkan pertanyaan seputar penyakit kencing manis.

“Saya seorang wanita. Ayah saya kono berusia 56 tahun dan menderita penyakit kencing manis berat. Kadar gula ayah saya sering tinggi. Jika serangan itu dating, ia merasa sakit kepala, letih dan pada bagian tubuhnya terkadang ada bintik kebiru-biruan. Saya mendengar bahwa kencing manis bisa menyababkan luka di kaki yang sulit diobati dan harus diamputasi. Saya tidak ingin hal itu terjadi pada ayah saya. Sebab, jika sampai itu terjadi, betapa tersiksanya dia dan keluarganya. Yang ingin saya tanyakan :
a. Apa sebenarnya kencing manis itu ?
b. Bagaimana mencegah kekambuhannya ?
c. Bagaimana menghindari terjadinya luka ?
d. Apakah penyakit itu ditularkan ?

Sekilas jawaban dari kami.

Kencing manis ialah kondisi dimana kadar gula dalam darah seseorang melebihi normal (80-100 mg/dl). Hal tersebut dipastikan dengan pemeriksaan darah di laboratorium. Akibat gula darah tinggi maka kencing mengandung gula.

Penyebab kencing manis adalah adanya gangguan produksi insulin di pankreas. Insulin adalah zat yang mengolah gula dalam darah. Penyebab gangguan insulin pada sebagian besar besar penderita kencing manis adalah karena faktor keturunan dan sebagian lain karena adanya infeksi pada pankreas.

Kadar gula darah pada penderita kencing manis harus dikontrol agar normal. Caranya, mengurangi makan manis dan mengandung kabonhidrat, olahraga untuk mengurangi kalori dan mengatur peredaran darah, minum obat secara teratur. Dan bila menggunakan obat ternyata gula darah amsih tinggi maka harus menggunakan suntikan insulin. Tidak akan terjadi luka yang membusuk, tentu kebersihan dan kesehatan harus dijaga dan hindari luka, goresan dan benturan.

Bakat kencing manis diturunkan, sehingga tidak ada penularan. Bagi yang berbakat kencing manis disarankan tidak menikah dengan yang memiliki bakat juga, untuk mengurangi resiko terjadinya penularan/ pewarisan penyakit kencing manis.

Semoga uraian singkat kami mengenai kencing manis dapat bermanfaat untuk pembaca semua.

Hindari kencing manis dengan pola hidup sehat.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Jangan lupa komennya ya demi membangun blog ini agar menjadi lebih baik dari sekarang saran anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini :)

 
Copyright © 2011. Indonesian Toshokan - All Rights Reserved